Kennedy Sihombing, Ketua DPD Lsm P2KN

Kepri, MetroOne.co.id. Ketua DPD LSM Pemantau Penggunaan Keuangan Negara (P2KN) Kepri berpandangan bahwa program reforma agraria yang paling baik saat ini, sesungguhnya adalah ‘Perhutanan Sosial’.

Pasalnya ‘Perhutanan Sosial’  sangatlah nampak dan nyata keberpihakan dan keadilannya kepada masyarakat,” sebut Kennedy. Aktivis Lingkungan yang banyak membantu kalangan masyarakat bawah ini.

Menurutnya, Esensi Perhutanan Sosial itu penting karena negara tidak kehilangan aset dan masyarakat juga tidak kehilangan hak,” tambah ketua DPD Lsm P2KN Kepri tersebut.

Dikatakannya, saat ini dikabarkan, pihak Kementerian Lingkungan Hidup telah membentuk Tim Penggerak untuk Percepatan Perhutanan Sosial.

Tim ini dibentuk guna mendorong percepatan pencapaian serapan target luasan 12,7 hektar areal pengelolaan hutan oleh masyarakat yang digeber melalui skema Hutan Desa, Hutan Kemasyarakatan, Hutan Tanaman Rakyat, Hutan Adat, dan Kemitraan Kehutanan,” terang Kennedy.

Sementara itu, Direktur PKPS Ditjen PSKL KLHK Erna Rosdiana kepada MetroOne.co.id menjelaskan, terbitnya Perpres 88/2017 tentang Penyelesaian Penguasaan Tanah dalam Kawasan Hutan dasar merupakan penetapan Program  Proyek Strategis Nasional (PSN)
Kabinet Kerja Jokowi, sebagai pemajuan programatik sekaligus penyempurna beleid PP 6/2007.

Adapun, PP 6/2007 tentang Tata Hutan dan Penyusunan Rencana Pengelolaan Hutan Serta Pemanfaatan Hutan jadi basis mula instrumen yuridis Perhutanan Sosial, terutama terkait dengan pemberian akses legal kepada masyarakat untuk mengelola dan memanfaatkan hutan.

“Kami berharap ke depannya perlu ada pemetaan atau mapping agar terlihat peran kementerian atau lembaga lain selain Kementerian LHK,” pinta Erna, menegaskan PP tersebut selaras dengan amanat UU 41/1999 tentang Kehutanan.

Selain itu, Kennedy juga katakan, Presiden Jokowi selama ini telah mengawal tuntas progresivitas percepatan pencapaian program Perhutanan Sosial, program itu sebagai program yang sama sekali jelas dan nyata baik dari sisi keberpihakan dan keadilan pada masyarakat.

“Perhutanan Sosial adalah program terobosan Presiden Jokowi yang output-nya sangat jelas, dan nyata baik dari segi keberpihakan dan keadilan pada masyarakat,” pungkas Ketua LSM P2KN, saat di temui MetroOne.co.id. dikantornya.

(Cek Kur)