Zakmi: Jurnalis Perlu Pemahaman Matang Terhadap Kode Etik Jurnalistik 

Poto bersama usai penutupan acàra

MetroOne.Co.Id, Tanjungpinang. Jurnalis perlu membekali diri dengan pemahaman yang matang terhadap kode etik jurnalistik dan menerapkannya dalam setiap kerja;” sebut Ketua PWI Tanjungpinang, Zakmi. Jumat (22/11/2019).

Menurutnya, Perlu ada standar kompetensi bagi jurnalis untuk menjaga profesionalitas dan kualitasnya dalam bekerja. Demikian antara lain yang dikemukakanya dalam acara bimbingan bahasa yang digelar Kantor Bahasa Kepri di Hotel Aston Bt 11 Tanjungpinang.

Dalam pemaparannya, Zakmi juga banyak menjelaskan hal- hal yang berkaitan dengam aturan- aturan ke- jurnalistikan, baik saat melakukan peliputan maupun ketika saat menulis berita.

Dari Beberapa materi yang disampaikan diantaranya, menjalankan Kode Etik jurnalistik, mengerjakan rukun berita serta hal-hal lain yang jadi pendukung.

“Didepan para awak media, Zakmi juga menghimbau. “Wartawan saat bekerja jangan pernah lupa dengan kode etik jurnalistik, agar saat bekerja dapat terhindar dari sesuatu yang menyimpang,” pesan Ketua PWI Tanjungpinang ini.

Selain itu, Marudut. (Wartawan Detik global news.com) peserta penyuluhan saat dikonfirmasi  mengatakan, “saya senang sekali atas penjelasan materi yang disampaikan oleh Ketua  PWI ini, bukan saja menarik, tapi menambah ilmu kami saat bekerja, terima kasih  Pak Zakmi,” ucap marudut bangga.

Ada juga Sugiono Alias Ationg (wartawan Sriwijaya Pos), kepada MetroOne.Co.Id, dia menuturkan, sangat mengapresiasi kegiatan ini, dan meminta kepada Kantor bahasa Kepri agar melaksanakan kembali kegiatan ini pada tahun depan.

“Tak lupa rasa terimakasih yang sebesar-besarnya kami ucapkan kepada Guru pembimbing bahasa Indonesia dan Jurnalistik seperti, Ibu Fatmawati Adnan, Ibu Tasliati, Pak Putut Ariatejo dan Pak Zakmi, mohon maaf jika ada kesalahan,” ucap Sugiono terharu.

Acara penyuluhan bahasa Indonesia ini dimulai pada tanggal 20-22 november 2019, dan berakhir hari ini pada pukul 16.00 Wib (hari ketiga). Usai penutupan setelah menerima Sertifikat, para peserta (wartawan), Ketua PWI Tanjungpinang, serta panitia melakukan poto bersama.

Turut serta dalam Kegiatan penyuluhan Bahasa Indonesia ini, sejumlah Pimred media, Para OPD dan Wartawan baik cetak, Elektronik maupun Online di Kota Tanjungpinang.   (Cek Kur)

 

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *