Edhy: Penenggelaman Kapal jangan Jadi Jargon, Tapi Jadi Realita. 

Edhy: Penenggelaman Kapal jangan Jadi Jargon, Tapi Jadi Realita.

Metroone.co.id, Makasar (Sulsel). Saya tidak takut menenggelamkan Kapal-kapal dan saya tidak ingin penenggelaman kapal hanya jadi jargon saja. Tapi harus jadi realita, dinikmati buat masyarakat,” sebut Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo di Makassar, Minggu (01/12/2019).

Menurut Edhy, dirinya tidak akan pernah memberi ruang bagi pihak manapun (asing) yang coba-coba memasuki dan mencuri ikan di perairan Indonesoa secara ilegal. Kata Edhy, Pasti akan kami kejar dan tangkap,” tegasnya.

Penenggelaman kapal bukanlah prioritas kami, tapi jika mereka kami tangkap, lalu mereka lari, ya pastilah kita tenggelamkan,” tambah Edhy Menteri Kelautan dan Perikanan ini.

Dikabarkan, baru-baru ini pihak KP Hiu 12 PSDKP Lampulo menangkap sebuah kapal trol (Pukat harimau) di Peraian Selat Malaka. Dan saat ini kapal tersebut berada di Aceh untuk diselidiki lebih lanjut sembari menunggu putusan pengadilan.

Edhy menjamin bahwa kapal tersebut tidak akan dilepas KKP meski pemilik kapal itu meminta untuk membayar. Penangkapan ini sebagai bukti keseriusan KKP dalam menjaga laut Indonesia,” sebutnya.

Ia mengungkapkan, proses hukum yang diberikan kepada kapal asing yang masuk ke Indonesia tidak akan diabaikan. Tidak hanya Malaysia, sekarang kami sudah menangkap kapal asing dari Filipina di perairan Sulawesi Utara (Sulut).

Kita harapkan, apa yang terjadi bukan malah memicu hubungan yang tidak baik antar negara. Saya yakin negara lainpun akan berbuat hal yang sama dengan kita. Akan memperoses seseorang jika memasuki dan mencuri ikan secara ilegal di negaranya,” tuturnya. (F.S)

 

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *