Polres Tanjungpinang menggelar apel kesiapan penanganan Karhubla

Tanjungpinang, MetroOne.co.id. Polres Tanjungpinang (Polda Kepri)  menggelar apel terpadu kesiapan penanganan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) tahun 2019, di halaman Mapolres Tanjungpinang, Selasa (13/8/2019).

Wakil Kepala Polres (Waka Polres) Tanjungpinang, Kompol Agung Gima Sunarya selaku pemimpin apel menyampaikan, “Saat ini permasalahan karhutla menjadi atensi pihak kepolisian serta pihak terkait lainnya di seluruh wilayah Indonesia.

Kita ketahui bersama karhutla di Indonesia hampir terjadi di seluruh provinsi serta menimbulkan kerugian yang tidak sedikit, baik material maupun inmaterial yang meliputi pembatalan penerbangan, aktivitas perkantoran, kerugian ekonomi, ancaman kesehatan dan lain lainnya,” ujar Agung dalam amanat upacara.

Agung juga mengatakan, secara umum karhutla dapat disebabkan oleh dua faktor, yaitu faktor manusia baik sengaja maupun tidak sengaja, serta faktor alam yang diakibatkan oleh kemarau berkepanjangan.

“Faktor kesengajaan dapat berupa kesengajaan manusia yang membuka sistem perladangan berpindah maupun lahan perkebunan dengan cara membakar hutan,” ungkapnya.

Oleh karena itu, lanjutnya, perlu dilakukan pendekatan secara halus dan bertahap agar masyarakat dapat menyadari pentingnya kelestarian hutan dengan cara tidak membakarnya.

Dia pun turut menegaskan, bahwa sinergitas antara pemerintah daerah, TNI, Polri, instansi terkait, swasta dan masyarakat kota Tanjungpinang dalam upaya tangap pencegahan kebakaran hutan dan lahan akan terus dilakukan.

“Saya juga mengajak kita semua untuk lebih peduli kepada lingkungan dengan bersama-sama dapat bekerja lebih keras, cerdas dan tuntas untuk dapat melakukan kegiatan pemadaman, patroli, dan mensosialisasikan seruan/larangan tidak membakar hutan dan lahan.
dan mencegah terjadinya karhutla di Kota Tanjungpinang,” ucapnya.

Turut hadir dalam upacara tersebut Wali Kota Tanjungpinang diwakili Staf Ahli Bidang pemerintahan, PJU Polres Tanjungpinang, Danlanud, Danlanudal, Ketua Pengadilan Negeri, Kepala Kejaksaan, Kepala Basarnas, Kepala BPBD, Kepala Dinas BMKG, Kepala Sat Pol PP, Kepala Damkar, serta Kepala Dinas Sosial Tanjungpinang.

Editor: (Cek Kur)