Jelang Pilkada, Pjs Gubernur Kepri Bahtiar Ajak UMRAH Gelorakan Pilkada Sehat 2020

Banner Pemprov Kepri

Pjs Gubernur Kepri Bahtiar. Foto: Humas Pemprov Kepri 

Minggu, 25 Oktober 2020

Metroone.co.id| KEPRI. Penjabat Sementara (Pjs) Gubernur Kepulauan Riau Bahtiar Baharuddin mengajak seluruh masyarakat Kepri termasuk civitas akademika UMRAH (Universitas Maritim Raja Ali Haji) Tanjungpinang untuk ikut bersama menggelorakan Pilkada 2020 sebagai pesta demokrasi yang berkualitas dan sehat.
Pilkada Sehat, dalam arti proses penyelenggaraannya tetap mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

“Upaya mewujudkan pilkada berkualitas harus diwujudkan dengan pemilih yang sehat dan cerdas, dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat,” kata Bahtiar saat menjadi keynote speaker webinar pembekalan bagi pemilih sehat dan cerdas menuju pilkada berkualitas bersama Program Pasca Sarjana MAP UMRAH dari Gedung Daerah, Tanjungpinang, Sabtu (24/10).

Peran civitas akademika, kata Bahtiar sangat vital karena itu pemda harus terbiasa berdialog dengan kalangan kampus Karena, lanjut biroktat bergelar doctor itu, kebijakan yang dibuat pemerintah harus berdasar konsep ilmu pengetahuan, yakni terukur, rasional dan bisa diterima akal sehat.

Terkait Pilkada 2020, Bahtiar sebagai Dirjen Politik Pemerintahan Umum Kemendagri, juga bertugas merumuskan kebijakan tentang kepemiluan di Indonesia baik secara ilmu, konsep maupun praktik. Sebelum di ada pandemi COVID-19, setiap tahapan Pilkada 2020 telah disiapkan secara matang.

“Ketika awal covid itu muncul, semua tergagap-gagap menghadapinya. Namun saat ini, kondisi pada bulan tiga (Maret 2020. red) lalu berbeda. Sekarang ini kita sudah punya ilmu pengetahuan, kita tahu apa, siapa, struktur, kelemahan, metode perlindungan dan seterusnya terkait covid19 ini,” lanjut Bahtiar.

Menurut bahtiar ilmu pengetahuan itu dapat memberikan kepastian dan ilmu pengetahuan dapat mengalahkan ketakutan. “Untuk itu, kami mengajak semua untuk memberikan pemahaman yang benar tentang bagaimana kita melindungi diri dari covid19 kepada masyarakat,” ajak Bahtiar.

“Sehingga target kita tetap berhasil menggelar Pilkada sehat baik pelaksanaan maupun terlindungi dari covid, partisipasi masyarakat tetap tinggi, semua harus dengan mengedepankan protokol kesehatan yang ketat,” pungkas Bahtiar.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *