Kapolri: Pengelolaan SIM dan STNK Tetap di Tangan Polri

Selasa, 11 Februari 2020, 15.00 Wib/ Kontributor: Johan/ Editor: Muhamad Sukur

MetroOne.CO.ID. Jakarta –  Kapolri Jenderal Idham Azis menegaskan bahwa proses pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) serta Bukti Pemilikan Kendaraan Bermotor (BPKB) tetap dipegang oleh Polri.

Hal tersebut ditegaskan Idham, karena sebelumnya tersiar kabar adanya rencana memindahkan proses pembuatan ketiga surat tersebut ke Kementerian Perhubungan atau Kemenhub.

Baca juga : Peringatan HPN 2020, Harap Kapolri. Pers Terus Menerus Perangi Penyebaran Berita Hoax 

“Wacana itu sudah kita duduk dan bicarakan ketika Ratas (rapat terbatas) dengan Menhub, jadi tidak ada wacana itu. SIM, STNK dan BPKB tetap di tangan Polri,” ucap Kapolri di Serpong, Tangsel, Selasa (11/02/2020).

Kapolri juga menerangkan, ada wacana Kemenhub mengambil dua peran pengelolaan, yakni pengelolaan jembatan timbang dan terminal. Namun untuk itu, pihaknya akan bertemu dengan Kemenhub guna mmbicarakanya.

“Nanti kita bangun komunikasi,  . Apakah itu dituangkan dalam PP, ataukah perubahan UU saja, nanti akan kami siapkan tim untuk mengkajinya,” pungkas Idham.

Baca juga : Kunjungi Ambon, Kapolri: & Keutuhan NKRI Harus Tetap Dijaga TNI & Polri

Sebelumnya, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan masih mempercayakan kepada Polri dalam pembuatan SIM dan STNK.

“Sudah dikelola dengan baik oleh Polri, yang paling penting Polri itu memiliki organ-organ di tingkat dua bahkan kecamatan,” terang Menhub usai penandatanganan Kerja Sama Pemerintah dengan KPBU Bandara Komodo di Jakarta, Jumat (07/02/2020).

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *