Kemendagri Jamin Keamanan Data 266 juta Penduduk

Kemendagri Jamin Keamanan Data 266 juta Penduduk

Kamis, 13 Februari 2020, 21.00 Wib/ Kontributor: Johan/ Editor: Muhamad Sukur

MetroOne.CO.ID. JAKARTA Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menjamin keamanan data 266 jt penduduk. Jaminan itu disampaikan jelang pelaksanaan sensus penduduk yang akan digelar pada tahun ini.

Sekretaris Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kemendagri, I Gede Suratha mengatakan, data tersebut telah diserahkan pada 25 November 2019 yang lalu. Penghimpunan data itu dilakukan per Juni 2019.

Baca juga : Presiden Jokowi Lantik, Laksamana Madya Aan Kurnia Sebagai Kepala Bakamla

“Data kependudukan kita sampai saat ini aman,” ujarnya dalam diskusi yang bertajuk ‘SP 2020: Satu Data Indonesia’ di Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), Jakarta Pusat, Kamis (13/02/20).

Tidak hanya data, Gede juga memaparkan, sistem informasi administrasi kependudukan yang dikelola sampai saat ini. Dan masih terjamin keamanannya.

Baca juga : Presiden Jokowi Sebut, Pemerintah Indonesia Tak Akan Pulangkan WNI Terlibat ISIS

Dia menyebut, Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) ikut memberi pendampingan mengenai keamanan data kependudukan tersebut.

“Dan mudah-mudahan tidak ada yang berhasil menembus dan sampai saat ini belum ada yang melaporkan bisa menembus ke database kependudukan kita,” terang Gede.

Selain itu, Gede juga berharap tidak ada unsur kesengajaan atau tindak kejahatan yang dapat mempengaruhi keamanan data penduduk. Jadi, mudah-mudahan ini terjaga oleh kita semua,” tutup Gede.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *