Gunakan KRI dr Soeharso Pemerintah Jemput 188 WNI dari Kapal World Dream

Gunakan KRI dr Soeharso Pemerintah Jemput 188 WNI dari Kapal World Dream

Kamis, 26 Februari 2020, 21.00 wib/ Kontributor: Johan/ Editor: Muhamad Sukur.

MetroOne.CO.ID. JAKARTA – KRI dr Soeharso telah bergerak menjemput 188 Warga Negara Indonesia (WNI) di Teluk Durian, Rabu (26/2/2020). Diperkirakan KRI tiba di lokasi pertemuan (rendevouz) dengan kapal pesiar Wolrd dream pukul 12.00 WIB siang tadi.

Juru Bicara Presiden Joko Widodo, Fadjroel Rahman mengatakan, proses evakuasi kemanusiaan dari kapal ke kapal ini akan berlangsung beberapa jam. Jika sudah selesai, KRI dr Soeharso akan berlayar ke pulau transit observasi, yakni Pulau Sebaru di Kepulauan Seribu, Jakarta.

”Transit observasi minimal berlangsung 14 hari di bawah pengawasan Kemenkes RI sesuai protokol WHO,” kata Fadjroel melalui keterangan resmi.

Dia menuturkan, perlakuan sama terhadap WNI diterapkan dalam merespons wabah virud corona (Covid-19). Perlakuan tersebut tidak hanya bagi WNI di Provinsi Hubei, China, namun juga kapal Diamond Princess, maupun World Dream.

”Tidak ada seorang pun yang akan ditinggalkan pemerintah. Dan itu keputusan politik yang sudah diambil oleh Presiden Joko Widodo,” ujarnya.

Menteri Kesehatan Terawan agus Putranto sebelumnya mengatakan, pemerintah akan fokus mengevakuasi WNI di kapal pesiar World Dream terlebih dulu karena risikonya paling kecil.

Dia mengklaim 188 WNI ABK yang akan dievakuasi dari Kapal World Dream dalam keadaan sehat dan sudah mengantongi sertifikat sehat dari Hong Kong dan jaminan sehat dari pihak kapal World Dream.

“Kita baru konsentrasi semua untuk World Dream karena itu yang sudah paling dekat dengan kita. Arahan presiden semua harus dilaksanakan dengan penuh kehati-hatian. Beberapa skenario juga sudah kami siapkan, semoga semua bisa berjalan dengan baik,” ucap Terawan.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *