Menko Polhukam Wiranto.

Jakarta, MetroOne.co.id. Menteri Kordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto menyebutkan suasana di Papua dan Papua Barat saat ini sudah kondusif, Minggu (1/9/19).

“Saya bahagia sekali. Hari ini saya dapat kabar dari Papua dan Papua Barat suasana didaerah itu sudah kembali kondusif. Para pendemo satu persatu sudah damai dan mau dipulangkan ke tempat asalnya,” jelas Wiranto saat menghadiri kegiatan Yonsan Papua di Car Free Day (CFD), Jakarta.

Selain itu, Wiranto juga mengucap kan rasa terima kasih kepada seluruh masyarakat di Papua dan Papua Barat yang sudah damai, sehingga semua kegiatan mulai berjalan lancar dan toko-toko mulai berjualan kembali.

“Terima kasih kepada teman-teman di Papua dan Papua Barat yang sudah berdamai. Tidak perlulah kita anarki, bakar-bakaran. Kita semua bersaudara marilah kita selesaikan masalah dengan sebaik-baiknya, bersatu padu mendinginkan suasana,” jelasnya.

Sementara itu Wiranto menuturkan pemblokiran internet di wilayah Papua dan Papua Barat akan segera dicabut. Ini artinya masyarakat setempat bisa kembali menikmati internet. “Kalau sudah damai untuk apa kami ‘blocking’ medsos dan internet di Papua,” katanya.

Selain internet, pemerintah juga akan menarik keluar aparat keamanan, Polri dan TNI dari wilayah Papua. “Kalau sudah damai, buat apa aparat keamanan ribut-ribut dan ramai-ramai di sana,” tegas Wiranto.

Laporan  : Ari Goder
Editor      : Cek Kur