Mahfud Tegaskan, Secara Terbuka. Kekuatan Militer Indonesia Gampang Saja Kalahkan Separatis Papua

Mahfud Tegaskan, Secara Terbuka. Kekuatan Militer Indonesia Gampang Saja Kalahkan Separatis Papua

Rabu, 11 Maret 2020, 15.30 wib/ Kontributor: Johan/ Editor: M. Sukur

MetroOne.CO.ID. JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD, menegaskan kekuatan militer Indonesia sebenarnya mudah saja mengalahkan aksi separatisme di Tanah Air. Khususnya yang telah dilakukan Kelompok Kriminal Sipil Bersenjata (KKSB) di Papua.

Pasalnya, jika kita menilai dari perbandingan jumlah personil (militer) serta kelengkapan peralatan persenjataan dan lain-lain pasti lah dengan mudah militer kita untuk mengalahkan mereka.

Pernyataan itu dikatakan Mahfud saat memberikan sambutan dalam acara Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) hari ini (11/03) di Hotel Pullman, Jakbar.

“Kalau hitung-hitungan kekuatan militer, dari kekuatan aparat keamanan kita, pastilah gampang menangnya kita dr hitung-hitungan tersebut,” terang Menko Pohulkam.

Saat ini, berdasarkan hasil hitung-hitungannya, jumlah kekuatan KKSB OPM di Papua kurang lebih sbanyak 270 orang. Bagaimana harus dibandinglan dengan kekuatan militer Indonesia yang jumlahnya jauh lebih kuat dan besar.

“Kita ada ratusan ribu personel dan kita bisa terbuka secara konstitusi, tidak sembunyi-sembunyi, untuk menyelesaikan persengketaan atau persoalan. Gampangkan,” tuturrnya.

Kendati demikian, dia melihat cara-cara seperti itu tidak akan dilakukan pemerintah. Menurut Mahfud, jika dilihat dari ilmu gerilya, cara-cara seperti itu ternyata tidak akan menyelesaikan masalah.

“Kita tidak memilih pendekatan itu, kita sudah bersepakat memilih pendekatan lain, yaitu pendekatan kesejahteraan,” pungkasnya.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *