Rencana Pemerintah Kirim Nelayan Pantura ke Natuna, Dikritik Exs Menteri KKP  

Rencana Pemerintah Kirim Nelayan Pantura ke Natuna Dikritik Susi

Penulis : Muhamad Sukur/ Editor: Dery Arsanta

MetroOne.Co.Id, Kepri – Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti tak setuju dengan wacana pemerintah yang akan mengirimkan banyak nelayan Pantai Utara (Pantura) dari Pulau Jawa ke perairan Natuna (Kepri).

Menurut Susi, jika mau aman bukannya harus mendatangkan nelayan banyak-banyak dari Pulau Jawa ke Perairan natuna. Tetapi yang perlu dilakukan, Pemerintah harus konsisten dalam menjaga & mengamankan perairan Natuna.

Baca juga : Pemerintah Jepang, Akan Hibahkan Kapal Pengawas Perikanan ke Natuna

Selain itu, Pemerintah juga harus melakukan penegakkan hukum apabila terjadi pelanggaran yang dilakukan kapal asing di Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Indonesia,”tegas Susi saat menghadiri diskusi “Sengketa Natuna & Kebijakan Kelautan” di kantor DPP PKS, Jakarta,(20/01).

“Kita harus tetap lakukan Patroli untuk penegakkan hukum. Jangan diusir tapi ditangkap, kalau diusir saja, ya sia-sia karena mereka pasti akan balik lagi,” tambah Susi.

Baca juga : Sejak Banyak Kapal Asing, Nelayan Natuna Takut Melaut

Diakhir penyampaiannya, Susi berharap. Politisi Indonesia bisa lebih peduli dalam mengatasi permasalahan di Natuna. Kepedulian itu dapat dilakukan dengan memecahkan pokok permasalahan perekonomian para nelayan.

“Saya berharap politisi bisa lebih punya kepedulian, punya keinginan untuk memikirkan sustainability dari ekonomi kita. Karena karakter perikanan renewable resources. Kalau diatur dengan benar, result-nya more productivity dan akan renewableterus,” tutup Susi.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *