Usai Disentil Presiden Jokowi, Calon Kuat Presiden RI, 2024. Elektabilitas Sandiaga Uno Naik 

Usai Disentil Presiden, Calon Kuat Presiden RI, 2024. Elektabilitas Sandiaga Uno Naik (Pt. Kompas)

Penulis: Muhamad Sukur/ Editor: Eris Priantoro

MetroOne.Co.Id. Kepri. Usai Disentil Presiden Joko Widodo, Calon Kuat Presiden RI, 2024. Saat meresmikan pelantikan Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) di Hotel Raffles, Jakarta, Rabu (15/01) kemarin. Serempak Elektabilitas Sandiaga Uno Naik.

Banyak Pengamat Politik menilai, elektabilitas Sandiaga Salahudin Uno, akan semakin melonjak setelah namanya disentil Presiden Joko Widodo sebagai calon kuat penggantinya di Pemilu 2024 mendatang.

Salah satunya datang dari Pengamat Politik Kepri, Endri Sanopaka, MPM. Menurutnya. pernyataan presiden tersebut bisa bermacam-macam ditafsirkan hanya saja Sandiaga Salahuddin Uno tentu memang layak diperhitungkan di pilpres 2024 mendatang,

“Selain Uno sudah pernah ikut sebagai Calon wakil presiden pada 2019 lalu, tentunya dia juga sudah punya basis dukungan yang dapat dirawat dan dikelola sampai dengan pilpres nanti di 2024,” sebut Endri Sanopaka yang juga menjabat sebagai Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Penerintahan di Provinsi Kepri ini.

Baca juga : Isyarat Jokowi, Uno. Bakal Menang Dipilpres 2024

Dan tentunya, hal ini tidak terlepas juga dari dukungan partai politik, dimana sandiaga juga sudah kembali ke gerindra, dan suara gerindra dengan perolehan kursi di DPR sangat memungkinkan figur sandiaga Uno untuk maju di pilpres..

Hanya saja faktor jawa dan luar jawa tetap akan menjadi faktor yang berpengaruh dalam mendesain kampanye serta pasangan untuk bertarung nantinya..dan pengalaman jugalah yang akan menentukan apakah sandiaga ikut atau tidak,” tutur Pengamat muda Keori ini.

Selain itu, Pengamat politik Universitas Paramadina Hendri Satrio meyakini elektabilitas Sandiaga Uno akan semakin melonjak setelah namanya disebut Presiden Joko Widodo sebagai calon penggantinya di Pemilu 2024 (dikutip dr Kompas)

Alasannya, karena Jokowi adalah sumber berita yang sering dibaca masyarakat.

Baca juga : Tanggapi Komentar Presiden, Jaksa Agung: Saya Akan Binasakan Jaksa-jaksa Nakal

“Dampaknya buat nama Sandiaga Uno pasti akan terbantu untuk naik lagi (elektabilitasnya). Kenapa? Karena Jokowi adalah sumber berita,” kata Hendri saat dihubungi kompas.com, hari ini Jumat (17/01/2020).

Menurut dia, masyarakat akan menilai Sandiaga Uno sebagai salah satu nama yang harus diperhitungkan dalam Pemilu 2024 karena disebut oleh Jokowi langsung.

“Dan kemudian akan terpatri di pikiran politik masing-masing rakyat indonesia bahwa salah satu nama yang mesti dipertimbangkan adalah Sandiaga Uno di 2024,” tutur Hendri.

Sebelumnya, Presiden Jokowi telah memberi isyarat kepada mantan rivalnya pada Pilpres 2019, Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Sandiaga Salahuddin Uno.

Baca juga : Pem Pus Jangan Tidur, Tolong Pantau. Penangganan Kasus Perizinan Bauksit Dikejati Kepri

Isyarat itu diberikan Jokowi saat meresmikan pelantikan Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) di Hotel Raffles, Jakarta, pada Rabu 15 Januari 2020.

Mulanya, Jokowi berseloroh bahwa ada kader Hipmi yang hadir dalam acara tersebut akan menjadi kandidat capres pada Pilpres 2024.

Usai Disentil Presiden Jokowi, Calon Kuat Presiden RI, 2024. Elektabilitas Sandiaga Uno Naik 

Namun, Jokowi tak menyebutkan nama. Mantan Gubernur DKI itu hanya memberikan isyarat bahwa calon kuat penggantinya sebagai presiden ialah yang barusan berdiri.

Baca juga : Tanya Peran 5 Tersangka Korupsi Jiwasraya, Kejagung: Kami Belum Bisa Beberkan

Diketahui, hanya Sandiaga yang baru saja berdiri saat Jokowi berpidato.

Saat itu Jokowi mengaku hanya mengenal satu mantan Ketua Umum Hipmi, yaitu Sandiaga Uno yang menjadi cawapres pendamping Prabowo Subianto pada Pilpres 2019.

“Bahwa yang hadir di sini adalah kandidat yang kemungkinan besar akan menggantikan saya dan saya meyakini itu. Tapi, saya tidak menyebutkan orangnya siapa. Hanya tadi yang baru saja berdiri,” kata Jokowi dn disambut tepuk tangan kader Hipmi.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *